Notification

×

Kode Iklan Disini


Kode Iklan Disini


Puskesmas Ciwandan Terima Kunjungan Dinkes Pandeglang untuk Studi Integrasi Layanan Primer

Kamis, 17 Oktober 2024 | 22.56 WIB Last Updated 2024-10-17T15:58:56Z

MATACYBER.COM | CILEGON – Puskesmas Ciwandan, Kota Cilegon, menerima kunjungan lapangan dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pandeglang pada Kamis (17/10/2024). 


Kunjungan ini dilakukan sebagai bagian dari studi implementasi Integrasi Layanan Primer (ILP), dengan tujuan menjadikan Puskesmas Ciwandan sebagai percontohan penerapan ILP di Kota Cilegon.

Kegiatan ini dihadiri oleh sejumlah pejabat dari Dinkes Kota Cilegon dan Dinkes Kabupaten Pandeglang, di antaranya, terdiri dari 36 kepala puskesmas dan penanggung jawab ILP se-Kabupaten Pandeglang, Kepala Dinas Kesehatan Kota Cilegon, Drg. Ratih Purnamasari, MKM, dan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pandeglang, Hj. Eniyati, SKM, M.Kes, beserta sejumlah pejabat terkait.

Kegiatan dimulai dengan safety induction, diikuti dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Puskesmas Ciwandan. Kepala Puskesmas Ciwandan, Dr. Arif, yang juga menjabat sebagai Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Cilegon, menyampaikan sambutan pembuka. Sambutan kemudian dilanjutkan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pandeglang dan Kepala Dinas Kesehatan Kota Cilegon.

Dalam presentasinya, Dr. Arif menjelaskan bahwa implementasi ILP di Kota Cilegon telah dimulai sejak 2023 dan diterapkan di 9 puskesmas, 7 pustu, serta 19 posyandu. Salah satu fokus utama ILP adalah pelaksanaan 14 jenis skrining bagi pengunjung pertama kali, yang disesuaikan dengan tahapan siklus hidup.

Meski program ini berjalan, Dr. Arif mengakui adanya kendala, seperti belum optimalnya penginputan data dan pengiriman laporan ke Kementerian Kesehatan. Selain itu, terbatasnya tenaga kesehatan dan fasilitas juga menjadi tantangan. 

"Dukungan dari lintas sektor dan program sangat dibutuhkan untuk memastikan keberhasilan implementasi ILP," ujarnya.

Setelah pemaparan, rombongan melanjutkan kunjungan ke Pustu Randakari untuk melihat langsung pelaksanaan program. Kegiatan ditutup dengan shalat Dzuhur dan makan siang bersama. Diharapkan kunjungan ini dapat memperkaya wawasan bagi Dinkes dan seluruh puskesmas di Kabupaten Pandeglang dalam mengimplementasikan ILP di wilayah masing-masing.

Foto: Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat Dinkes Cilegon, Drg. Rully Kusumawardhany.

Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat Dinkes Cilegon, Drg. Rully Kusumawardhany, menekankan pentingnya kolaborasi lintas sektor dan lintas program dalam penerapan ILP di Kota Cilegon. 

"Dukungan dari Kecamatan Ciwandan dan Kelurahan Randakari sangat bagus, terutama dalam pelaksanaan program di Pustu dan Posyandu," jelasnya.

Drg. Rully berharap, kunjungan ini dapat memberikan tambahan pengetahuan dan inspirasi bagi Dinas Kesehatan serta puskesmas di Pandeglang dalam menerapkan ILP secara efektif," pungkasnya.

(Hendra/Red)

Tidak ada komentar:

               
         
close