Notification

×

Kode Iklan Disini

Kode Iklan Disini

Bikin Geger! Video Lurah di Cilegon Sebar Kaos ‘Helldy 2 Periode’ Picu Kontroversi, Netralitas ASN Dipertanyakan

Senin, 02 September 2024 | 00.27 WIB Last Updated 2024-09-02T01:31:37Z
Foto tangkapan layar video 

MATACYBER.COM | CILEGON - Sebuah video yang memperlihatkan seorang lurah di kota Cilegon mengelap spanduk bertuliskan "OTW Helldy 2 Periode" kini tengah viral di grup WhatsApp pada Minggu, 1 September 2024.
Foto tangkap layar video 
Dalam video yang sama, lurah tersebut juga terlihat membagikan kaos berwarna hitam dengan tulisan serupa kepada masyarakat.

Tindakan lurah ini memicu kontroversi dan menjadi perbincangan hangat di kalangan masyarakat, mengingat Helldy Agustian saat ini kembali mencalonkan diri sebagai Wali Kota Cilegon untuk periode 2024-2029. Banyak pihak yang mempertanyakan netralitas aparatur sipil negara (ASN) di tengah persiapan Pilkada Cilegon 2024.

"Kalo tidak pelanggaran seperti nya engga asik," kata seorang warga yang menanggapi video tersebut.

Dalam video berdurasi kurang dari 38 detik itu, lurah tersebut membersihkan spanduk dan membagikan kaos kepada warga. Tulisan "OTW Helldy 2 Periode" pada spanduk dan kaos yang dibagikan menunjukkan dugaan dukungan untuk calon petahana, Helldy Agustian.

Kejadian ini memicu berbagai reaksi. Sebagian warga mempertanyakan apakah tindakan tersebut melanggar aturan netralitas ASN, yang seharusnya dijaga khususnya menjelang pemilihan umum.

"Ini jelas pelanggaran. Lurah seharusnya mengurus kepentingan masyarakat di lingkungan mereka, bukan terlibat dalam kampanye pencalonan wali kota. Dinas BKPSDM, Inspektorat, dan APIP harus tegas terhadap hal ini. Bawaslu, ke mana?" ujar seorang warga lain dalam grup WhatsApp.

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Cilegon diharapkan segera melakukan klarifikasi terkait kejadian ini untuk memastikan apakah ada pelanggaran terhadap peraturan netralitas ASN dalam konteks pemilu.

Pihak media telah mencoba menghubungi lurah yang bersangkutan untuk mengklarifikasi video tersebut, namun nomor WhatsApp-nya sedang tidak aktif. Berita ini akan diperbarui setelah ada klarifikasi lebih lanjut dari pihak terkait.

(Hendra/Red)

Tidak ada komentar:

               
         
close