Notification

×

Kode Iklan Disini

Kode Iklan Disini

Bawaslu Cilegon Gelar Apel Siaga dan Deklarasi Pilkada Damai Jelang Pemilihan 2024

Senin, 23 September 2024 | 10.54 WIB Last Updated 2024-09-23T03:56:12Z

MATACYBER.COM | CILEGON – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Cilegon melaksanakan Apel Siaga Pengawasan Kampanye serta Deklarasi Pilkada Damai 2024 di Alun-Alun Kota Cilegon pada Senin, 23 September 2024.

Acara ini bertujuan untuk memastikan kesiapan pengawas Pilkada serta menegaskan komitmen semua pihak dalam menciptakan suasana pemilu yang damai dan kondusif. 


Ketua Bawaslu Kota Cilegon, Alam Arcy Ashari, menjelaskan bahwa apel ini melibatkan pengawas dari tingkat kecamatan dan kelurahan, sebagai bagian dari persiapan pengawasan tahapan kampanye.

“Kami ingin memastikan seluruh jajaran pengawas pemilu di Kota Cilegon siap dalam hal sumber daya manusia, aturan, dan pelaksanaan tugas selama tahapan kampanye berlangsung,” ujar Alam.

Selain fokus pada kesiapan pengawas, Apel Siaga ini juga dihadiri oleh tiga pasangan calon (Paslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota yang telah resmi ditetapkan oleh KPU Kota Cilegon. Pada kesempatan ini, ketiga paslon menandatangani fakta integritas, yang berisi komitmen bersama untuk menjaga keamanan dan kedamaian selama proses Pilkada berlangsung.

“Penandatanganan fakta integritas ini menunjukkan bahwa ketiga pasangan calon sepakat untuk menjaga ketertiban selama kampanye hingga pemungutan suara yang akan digelar pada 27 November 2024,” jelas Ketua Bawaslu.

Dalam apel siaga ini, juga hadir jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dari unsur kepolisian, TNI, dan berbagai organisasi masyarakat serta mahasiswa. 

Alam berharap adanya kolaborasi antara Forkopimda dan seluruh elemen masyarakat untuk turut serta dalam pengawasan Pilkada, demi menciptakan Pilkada yang jujur dan adil.

“Pengawasan tidak hanya tanggung jawab Bawaslu, tapi semua pihak perlu bekerja sama. Sinergi dari berbagai elemen masyarakat, Forkopimda, dan pemerintahan sangat penting untuk memastikan Pilkada berjalan dengan aman dan lancar,” tambahnya.

Dengan sinergi dan deklarasi komitmen damai ini, diharapkan Pilkada 2024 di Kota Cilegon bisa berlangsung tanpa gangguan, memberikan ruang bagi demokrasi yang bersih, aman, dan berintegritas, serta tercipta suasana yang kondusif bagi warga Kota Cilegon.

(Hendra/Red)

Tidak ada komentar:

               
         
close