Notification

×

Kode Iklan Disini

Kode Iklan Disini

Kanwil Kemenhumkam Banten Adakan Festival Layanan Hukum Dan Ham Banten 2024 Di Lapas Anak Kota Tangerang

Rabu, 07 Agustus 2024 | 17.53 WIB Last Updated 2024-08-07T10:53:41Z

MATACYBER.COM | TANGERANG, – Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Provinsi Banten adakan Festival layanan hukum dan ham Banten 2024 di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Anak, bertempat di Lapangan Ahmad Yani Kota Tangerang, Rabu (07/08/2024).

Festival dengan tema "Semakin Dekat Dengan Masyarakat" ini merupakan peringatan hari pengayoman ke-79 yang bertajuk "Kemenkumham mengabdi untuk negeri menuju Indonesia emas 2045".

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tangerang Herman Suarman mengatakan, kegiatan ini sangat positif. Diharapkan dapat terus dilakukan.

“Tujuannya dalam rangka memberikan kesadaran buat masyarakat yang juga membantu masyarakat supaya lebih memahami tentang manusia sehingga bisa membuat kehidupan yang bersangkutan sesuai dengan ketentuan dan aturan yang berlaku,” katanya.

Menurut Herman, kegiatan seperti ini merupakan wadah untuk memberikan pencerahan agar masyarakat memahami pentingnya hukum.

“Harapannya, mudah- mudahan seluruh masyarakat Kota Tangerang khususnya dan umumnya di seluruh Indonesia dapat terlindungi dan bisa memahami apa itu hukum dan HAM,” jelasnya.

Hadir dalam acara, perwakilan selain sekda Kota Tangerang juga hadir kepala kanwil kemenkumham provinsi Banten Dodot Adikoeswanto beserta jajaran, Forum Pemda Kota Tangerang, camat dan lurah, masyarakat kota Tangerang dan siswa siswi Sekolah Lanjut Tingkat Atas (SLTA) serta Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) se-Kota Tangerang.

Kakanwil Kemenkumham Provinsi Banten Dodot Adikoeswanto mengatakan, dengan semangat memperkuat akses masyarakat terhadap layanan hukum dan HAM, Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Banten membuka Festival Layanan Hukum dan HAM 2024.

“Acara yang mengusung tema “Semakin Dekat dengan Masyarakat” tujuannya, pentingnya kehadiran Kanwil di tengah masyarakat untuk memastikan bahwa setiap warga negara dapat mengakses layanan hukum dan HAM dengan mudah dan cepat,” katanya.

Festival ini adalah wujud komitmen kanwil kemenkumham untuk mendekatkan layanan hukum dan HAM kepada masyarakat. 

“Kami ingin masyarakat merasa dekat dan terbantu dengan keberadaan Kanwil Banten,” Jelas Dodot.

Dodot menjelaskan, Festival ini menawarkan berbagai kegiatan dan layanan yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan hukum dan HAM masyarakat Banten. Di antaranya:

1. Klinik Konsultasi Hukum yang menyediakan konsultasi gratis dengan para ahli hukum yang siap membantu masyarakat memahami dan menyelesaikan masalah hukum mereka.

2. Sosialisasi Hak Asasi Manusia yaitu mengadakan sesi edukasi tentang hak-hak dasar warga negara yang perlu diketahui dan dipahami oleh masyarakat luas.

3. Layanan Terpadu yaitu menawarkan berbagai layanan administrasi seperti pendaftaran tanah, layanan imigrasi, dan notaris dalam satu tempat untuk memudahkan akses masyarakat.

4. Seminar Edukatif adalah menggelar seminar-seminar yang membahas isu-isu terkini dalam bidang hukum dan HAM, dengan menghadirkan narasumber dari kalangan akademisi dan praktisi.

“Ada sekitar 30 stand yg tersedia di festival ini. Diantaranya dari hasil karya warga binaan kami dan juga dari pemda kabupaten/kota,” lanjutnya,

Acara ini merupakan kegiatan dalam memeriahkan hari Pengayoman ke-79. 

"Saya berharap festival ini dapat menjadi sarana efektif untuk mempererat hubungan antara Kanwil dan masyarakat. Semoga melalui kegiatan ini, masyarakat dapat lebih mengenal dan memanfaatkan layanan hukum dan HAM yang tersedia,” ungkapnya.

Festival Layanan Hukum dan HAM Kanwil Banten 2024 akan berlangsung hingga 9 Agustus.

“Diharapkan dapat menjadi momentum penting dalam upaya mendekatkan layanan hukum dan HAM kepada masyarakat, sesuai dengan tema “Semakin Dekat dengan Masyarakat”, tutupnya.

Pembukaan festival ini disambut dengan antusias oleh masyarakat. Salah satu pengunjung, Ahmad Fauzi, mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Kanwil Banten.

“Saya sangat terbantu dengan adanya konsultasi hukum gratis di sini. Semoga kegiatan seperti ini terus diadakan untuk membantu masyarakat yang membutuhkan,” kata Fauzi. 

(Deni/Red)

Tidak ada komentar:

               
         
close