Notification

×

Kode Iklan Disini

Kode Iklan Disini

Babinsa Koramil Las Lakukan Patroli Karhutla Bersama Warga Desa Mahang Baru

Minggu, 28 Juli 2024 | 15.13 WIB Last Updated 2024-07-29T01:43:24Z

MATACYBER.COM | Barabai - Babinsa Koramil 1002-04/Labuan Amas bersama warga Desa Mahang Baru Kecamatan Labuan Amas Selatan Kabupaten Hulu Sungai Tengah melaksanakan patroli gabungan pencegahan kebakaran hutan dan lahan (KARHUTLA) pada Minggu (28/07/ 2024).

Dipimpin Serma Haris Fadillah, anggota Babinsa Labuan Amas Selatan bersama warga menyisir kawasan rawan kebakaran hutan dan lahan serta mengecek sumber air.

“Seperti kita ketahui bersama, Desa Mahang Baru memiliki hamparan sawah yang luas dan cukup rawan sehingga pada saat musim kemarau wilayah ini sangat rawan terjadi kebakaran hutan dan lahan,” jelas Serma Haris Fadillah.

Dalam upaya mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan, kami bersama masyarakat rutin melakukan patroli bersama. Tidak hanya itu, kami juga memberikan edukasi, sosialisasi, dan peringatan agar tidak ada seorang pun yang menyalakan api, sekecil apa pun atau apa pun alasannya.

“Kami mengimbau masyarakat untuk tidak mengolah lahan pertanian atau perkebunannya dengan cara dibakar. Karena dampaknya sangat serius dan berbahaya bagi ekosistem bahkan merugikan banyak pihak. Apalagi jika tertangkap akan ada sanksi yang menunggu,” kata Haris Fadillah.

Sementara itu, Dandim 1002/HST Letkol Inf Fery Perbawa. S.Hub.Int.,M.Han melalui Plh.Danramil 1002-04/Las Pelda Adei Riyanto menyampaikan jika ada anggota masyarakat menemukan siapa saja yang akan membakar lahan, mereka dapat diingatkan secara persuasif dan mendidik. Sebisa mungkin harus dicegah, dan bila mereka tidak mau bekerja sama dan tetap ngotot melakukan pembakaran lahan, segera laporkan ke pihak terkait, seperti Babinsa, Bhabinkamtibmas, atau perangkat desa lainnya, agar bisa cepat kita tangani. dengan mengambil tindakan pengendalian yang tepat dan efektif,” tegasnya.

(Raihan/Red)

Tidak ada komentar:

               
         
close