Notification

×

Kode Iklan Disini


Kode Iklan Disini


Resmikan 4 Palang Pintu KA, Helldy: Semoga Tidak Ada Lagi Kecelakaan di Perlintasan KA

Kamis, 02 Februari 2023 | 17.58 WIB Last Updated 2023-02-04T02:13:17Z

CILEGON | MATACYBER - Wali Kota Cilegon Helldy Agustian meresmikan Palang Pintu Kereta Api baru di empat titik perlintasan. Peresmian berlangsung di perlintasan kereta api di Jl Sunan Ampel, Kelurahan Warnasari, Kecamatan Citangkil, Kota Cilegon. Kamis, (02/02/2023).

Acara tersebut dihadiri oleh, Wakil Wali Kota Cilegon Sanuji Pentamarta, Plt Asda III, Plt Kadis Dishub Kota Cilegon, Kapolsek Ciwandan, Danramil, Unsur Forkopimda, Camat dan Lurah Se-kecamatan Kota Cilegon, Tokoh Masyarakat, RT/RW dan Tamu Undangan lainnya.


Walikota Cilegon Helldy Agustian dalam sambutannya menyampaikan, berdasarkan UUD No.23 tahun 2007 tentang perkeretaapian bahwa untuk pengadaan palang pintu perlintasan kereta api beserta rambu rambunya yang berada di perlintasan jalan kabupaten kota merupakan tanggungjawab pemerintah daerah setempat. 

"Inilah dasar dibangunnya palang pintu kereta api di Kota Cilegon," ucap Helldy Agustian saat sambutannya.

Lanjut dikatakannya, Secara totalis sebelum dirinya dilantik menjadi walikota Cilegon ada sekitar 24 palang pintu kereta api yang belum terpasang. Namun setelah dilantik dan menjabat walikota Cilegon dirinya telah merealisasikan 8 palang pintu kereta api hingga tahun 2022. Dan untuk di tahun 2023 dikatakannya juga telah menganggarkan kembali untuk 4 palang pintu kereta api.

"Maka dari itu kita menganggarkan di perubahan tahun 2021 lalu 4 palang pintu di lingkungan Seruni, Seneja, Tegal Cabe dan Kubang Sepat, kemudian tahun 2022 kita juga pasang 4 palang pintu di lingkungan Warnasari, Ramanuju, Medaksa dan Cikuasa," ucapnya.

"Ini sebagai bukti kecintaan kita terhadap masyarakat kota Cilegon yang kita cintai, agar masyarakat jangan sampai terjadi lagi tertabrak kereta api. Oleh karena itu, ini kita antisipasi terlebih dahulu sedia payung sebelum hujan dalam rangka mengurangi bencana tertabrak nya masyarakat kota Cilegon agar tidak terjadi lagi kecelakaan kecelakaan di perlintasan kereta api yang melintas," ungkapnya Helldy Agustian.


Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Kota Cilegon, Joko Purwanto dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada walikota dan wakil walikota Cilegon yang senantiasa telah berkomitmen dalam pembangunan perlintasan kereta api dalam rangka keselamatan masyarakat sebagai pengguna jalan dan juga keselamatan untuk angkutan perjalanan kereta api yang melintas di kota Cilegon.

"Alhamdulillah, pada hari ini dalam rangka peresmian palang pintu kereta api telah diresmikan langsung oleh Walikota Cilegon Helldy Agustian. Dan insya Allah untuk di tahun 2023 ini sudah di anggarkan empat palang pintu di titik lokasi berikutnya, dan mudah mudahan tahun ini bisa terlaksana," ucapnya.

 "Untuk petugas kita tempatkan personil dari Dishub ada 4 orang yang akan di bagi dua shift selama 8 jam kerja dan 1 untuk cadangan. Dari petugas sendiri sudah kita Diklatkan di Madiun selama 14 hari, karena petugas jaga ini dia harus mempunyai sertifikat dan kompetensi khusus pengoperasian sistem palang pintunya sama dengan pengendalian jalur kereta yang mau lewat," sambungnya.

Joko menjelaskan, Biaya anggaran pembangunan pada palang pintu kereta api dan pos jaga tersebut dibangun dengan menggunakan anggaran APBD Kota Cilegon tahun 2022 dengan nilai anggaran Rp 2,1 miliar. 

"Rp 1.8 Miliar untuk sistem palang pintunya dan Rp 300 juta untuk pos jaganya untuk di empat titik lokasi. Dan untuk anggaran empat titik lokasi di tahun 2023 ini pun masih sama," pungkasnya. (Vie)

Tidak ada komentar:

               
         
close