Notification

×

Kode Iklan Disini

Kode Iklan Disini

Forum Komunikasi KSB Banten Terbentuk: Beni Madsira Nahkodai FK – KSB Banten

Rabu, 22 Mei 2024 | 07.48 WIB Last Updated 2024-05-22T00:48:08Z

MTAACYBER.COM | Ketua Forum Kampung Siaga Bencana FK-KAB Kabupaten Pandeglang Beni Madsira Terpilih sebagai ketua Forum Kampung Siaga Bencana FK-KSB Provinsi Banten masa bakti 2025-2027. Pemilihan ketua FK KSB provinsi Banten dilaksanakan secara aklamasi oleh semua ketua KSB Kabupaten Kota se-provinsi Banten yang hadir semua, kegiatan bertempat Di Balai BPPKS Kementerian Sosial Lembang Bandung, Selasa 21 Mei 2024.

Pemilihan ketua FK – KSB provinsi Banten dilaksanakan berbarengan dengan kegiatan penguatan dan pelatihan Relawan KSB se-provinsi Banten, dengan jumlah peserta 67 orang, terdiri dari ketua KSB kecamatan dan ketua FK – KSB Kabupaten/Kota, hal tersebut tidak direncanakan, bahkan terbilang acara dadakan, sehingga pemilihan atas persetujuan semua ketua KSB seperovinsi Banten yang hadir pada kegiatan pelatihan dan penguatan kelembagaan.

”Tentunya setelah saya di berikan amanah untuk memegang tampuk pimpinan sebagai ketua forum KSB adalah suatu amanah yang cukup berat, namun apa daya atas penunjukan pera ketua KSB memilih saya sebagai ketua forum, tentunya ini sangat berta, ini adalah amanah yang harus saya jaga, saya ucapkan terimakasih kepada semua rekan rekan ketua KSB se-provinsi banten.atas amanah yang di berikan, semoga apa yang di amanah kan ke saya, maka saya terima semoga bisa membawa organisasi kebencanaan ini bisa dapat menyongsong indonesia emas 2025, tentunya ini akan bisa lebih bermanfaat untuk masyarakat dalam menangani kebencanaan di wilayah provinsi Banten, tentunya saya tidak bisa berjalan sendiri tanpa dukungan dari semua anggota KSB khususnya dari pengurus FK KSB,” ungkap Beni Madsira sebagai ketua terpilih.

Tentunya forum KSB ini tempat berdiskusi dalam kesiapan Siagaan semua anggota KSB yang ada, sehingga nanti FK KSB Banten ini dapat terus meningkatkan jejaring sosial dan jejaring organisasi, tentunya pengurus FK KSB akan di ambil dari semua ketua FK kabupaten kota dan para ketua KSB kecamatan, hal tersebut untuk memudahkan komunikasi antara KSB yang ada di Banten.

”Semoga dengan hadir dan terpilihnya saya sebagai ketua forum akan membawa akan kedepan lebih sigap dan tanggal dalam menangani kebencanaan di setiap wilayah Banten, di Banten ini ada 67 kampung siaga bencana dengan jumlah anggota per kecamatan 50 orang anggota, yang tersebar di setiap desa / kelurahan dan kecamatan, tentunya agar terbangun sinergitas dengan semua unsur relawan, organisasi serta pemerintahan,” paparnya.

Sementara Kepala Dinas Sosial Provinsi Banten yang di wakili oleh Kepala Bidang perlindungan sosial, Irma Muliasari menjelaskan hingga saat ini Pemerintah Provinsi Banten sudah membentuk 67 KSB yang tersebar di seluruh wilayah Provinsi Banten. Adapun tugas FK KSB antara lain melaksanakan komunikasi, konsultasi, integrasi, sinkronisasi dan koordinasi dalam rangka peningkatan peran dan fungsi KSB. Kemudian membantu pemerintah dalam pembinaan KSB.

Dengan terlaksananya pemilihan FK KSB Banten ini diharapkan KSB dapat semakin mengoptimalkan fungsinya khususnya dalam kesiap-siagaan menghadapi bencana. 

“Saya berharap setelah dikukuhkan FK KSB untuk dapat segera bekerja serta menjalankan peran dan fungsinya secara optimal, saya ucapkan selamat kepada kang beni atas terpilihnya sebagai ketua forum KSB provinsi Banten,” ujarnya.

Kabid perlindungan sosial Provinsi Banten berharap dengan adanya FK KSB ini dapat menjembatani koordinasi dari seluruh KSB yang ada di banten. Dengan koordinasi yang baik, maka dapat terwujud sinergitas yang baik pula antara seluruh KSB dan Pemerintah provinsi Banten terutama dalam mitigasi dan penanggulangan bencana.

”Kamis mendorong agar FK KSB dapat menjadi peran strategis dalam peningkatan kapasitas masyarakat sebagai salah satu upaya penanggulangan bencana. “Mari tingkatkan kewaspadaan kita dalam mengantisipasi bencana di provinsi banten kedepannya. Kami mendorong pengurus FK KSB untuk dapat mengelola KSB di wilayah banten. Sehingga dapat bergerak secara masif dalam pemberdayaan dan peningkatan kapasitas masyarakat di daerah rawan bencana,” pungkasnya.

(*/Red)

Tidak ada komentar:

               
         
close