Notification

×

Kode Iklan Disini

Kode Iklan Disini

Ribuan Ekor Ikan Mati Misterius di Situ Rawa Arum, Belum Diketahui Penyebab Pastinya

Senin, 03 Juli 2023 | 20.29 WIB Last Updated 2023-07-03T14:51:11Z

CILEGON, - Ribuan ekor ikan di Destinasi Wisata Danau Situ Rawa Arum, Kecamatan Grogol, Kota Cilegon, tiba tiba mendadak banyak yang mati misterius.

Belum diketahui secara pasti penyebab kematian ikan tersebut. Banyaknya bangkai ikan mengapung sebabkan air Danau Situ Rawa Arum menjadi bau amis.

Menurut pengakuan Pengelola Situ Rawa Arum, Husen Saidan yang juga merupakan tokoh masyarakat Cilegon mengatakan, kematian ikan secara mengejutkan ini sudah sejak dua hari terakhir dan sudah ada ribuan ikan yang mati.

Pakan ikan yang disita oleh pengelola Situ Rawa Arum yang diduga penyebab kematian ikan.

Ia menduga kematian ikan ikan tersebut lantaran karena para pemancing melakukan hal yang tidak benar dari segi penggunaan bahan pakan buatan yang berlebihan sehingga membuat ikan ikan tersebut mabuk dan mati. 

Dimana sebelumnya yang biasanya air Danau Situ Rawa Arum berwarna bening, kini berubah menjadi keruh dan bau amis.

"Dugaan sementara banyak kenakalan para pemancing dalam penggunaan pelet, dari analis kami, bau air situ rawa arum," ucap Husen Saidan. Senin, (03/07/2023).

Husen juga mengatakan bahwa masalah ini sedang dalam penelitian oleh Dinas Lingkungan Hidup (LH) kota Cilegon melalui sampel air dan ikan yang mati.

"Mudah-mudahan ada hasil lab untuk kita ketahui untuk membuktikan penyebab matinya ikan ikan disini," ungkapnya.

Selain itu, ia juga berharap kepada warga yang memancing agar dapat saling menjaga kelestarian Danau Situ Rawa Arum.

"Saya berharap kepada warga warga yang memancing agar dapat saling menjaga, merawat, dan rasa memiliki untuk menjaga kelestarian Situ Rawa Arum," ucapnya.

"Kepada pihak pemerintah kota Cilegon harus tegas dan tentunya pihak kepolisian turun untuk menindaklanjuti peristiwa tercemarnya Situ Rawa Arum," pungkasnya.

Laporan: (Hendra/Red).

Tidak ada komentar:

               
         
close